Elastisitas Permintaan Tenaga Listrik pada Sektor Industri di Sumatera Selatan, Oleh Sa’adah Yuliana


Nomor Klasifikasi            : 333.793 207 2   yul     e
Lokasi Penelitian              : Sumatera Selatan
Jangka waktu penelitian  : 5 bulan
Pembiayaan                     : Rp.1.000.000,-


Penelitian elastisitas permintaan tenaga listrik pada sector industry di Sumatera Selatan ini dilakukan dengan rentangan waktu 1979-1989, dimana industry yang diamati adalah industry yang berdasarkan golongan 2-digit.

Selain elastisitas, masalah lain yang diamati adalah perkembangan kebutuhan tenaga listrik dan efisiensi penggunaan tenaga listrik pada industry besar dan sedang di Sumatera Selatan. Tidak terlepas dari masalah-masalah di atas, dibicarakan pula tentang perkembangan industry di Sumsel, efisiensi industry, produksi listrik dan tarif listrik.

Hasil penelitian memperlihatkan antara lain:
  1. Perkembangan kebutuhan tenaga listrik pada industry besar dan sedang selama 1979-1989 rata-rata meningkat 7,82 persen setahun. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya/mantapnya produktifitas lewat aktivitas di berbagai bidang industry, sehingga tuntutan kebutuhan listrik yang semakin meningkat sulut dielakkan.
  2. Tingkat efisiensi penggunaan tenaga listrik pada industry besar dan sedang di Sumsel cenderung menurun, ini dikarenakan tingginya tariff listrik dari PLN dan turunnya efisiensi industry besar dan sedang di Sumsel secara keseluruhan.
  3. Permintaan tenaga listrik pada industry besar dan sedang bersifat elastis, hal ini karena pengaruh PLN dalam penyediaan listrik untuk sector industry relative sangat kecil.
Refrensi yang digunakan sebanyak 14 judul

HASIL
   1. Efisiensi industry
   2. Efisiensi penggunaan tenaga listrik
   3. Elastisitas permintaan tenaga listrik

No comments:

Post a Comment