Analisis Fundamental dan Pengaruhnya terhada Harga Saham Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Jakarta, Oleh Indah Wijayaningrum



Nomor Klasifikasi: 332.632 2             Wij      a          2007

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui analisis fundamental yang dihitung dengan rasio keuangan pada PT. Aneka Tambang, Tbk and PT. Tambang Batubara Bukit Asam, Tbk dan 2) membahas pengaruh dari rasio keuangan terhadap harga saham PT. Aneka Tambang, Tbk and PY. Tambang Batubara Bukit Asam, Tbk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun 2002-2005 kinerja keuangan kedua perusahaan mengalami peningkatan. Hasil ini terlihat dari peningkatan rasio likuiditas seperti Current Ratio dan Quick Ratio, rasio profitabilitas seperti ROI, ROE, OPM, dan NPM dan rasio-rasio lainnya. Peningkatan pada rasio likuiditas disebabkan perusahaan lebih memilih untuk menggunakan modal sendiri daripada menggunakan sumber pendanaan dari hutang. Dan hasil dari analisis pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham yang menggunakan metode analisis regresi berganda adalah 1) harga saham pada PT. Aneka Tambang, Tbk dipengaruhi oleh earning per share (EPS), debt to equity ratio (DER) dan current ratio, dan 2) harga saham pada PT. Tambang Batubara Bukit Asam. Tbk dipengaruhi oleh earning per share (EPS), debt to equity ratio (DER) dan return on equity (ROE).
Akhirnya, kita dapat mengetahui dari penelitian ini bahwa PT. Aneka TAmbang, Tbk and PT. Tambang BAtubara Bukit Asam, Tbk memiliki kinerja keuangan yang baik. Untuk meningkatkan harga saham kedua perusahaan tersebut, penulis menyarankan agar pihak manajemen perusahaan melakukan efisiensi dalam kegiatan produksi sehingga dapat meningkatkan laba dan memberikan deviden yang selalu meningkat setiap tahunnya.

No comments:

Post a Comment