Pengaruh Return On Investment (ROI) Dan Degree Of Operating Leverage (DOL) Terhadap Struktur Modal PT Pupuk Sriwijaya Palembang (Persero), Oleh Meilia Sari


Nomor Klasifikasi: 658.152 207         Sar       p          2007

Struktur modal merupakan pembelanjaan permanent yang mencerminkan perimbangan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri. Struktur modal suatu perusahaan dapat diukur dengan menggunakan Long Term Debt to Equity Ratio. Dua factor yang dapat mempengaruhi struktur modal perusahaan yaitu Return on Investmen (ROI) dan Degree of Operating Leverage (DOL).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Investment (ROI) dan Degree of Operating Leverage (DOL) terhadap struktur modal PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Persero).
Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu analisis statistic. Analisis statistic ini terdiri dari analisis regresi, analisis korelasi, dan uji t. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Investment (ROI) tidak signifikan, Degree of Operating Leverage (DOL) signifikan, dan Return on Investment (ROI) dan Degree of Operating Leverage (DOL) secara simultan tidak signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa Degree of Operating Leverage (DOL) secara parsial berpengaruh terhadap struktur modal pada PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Persero). Sedangkan Return on Investmen (ROI) secara parsial tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan Return on Investment (ROI) dan Degree of Operating Leverage (DOL) secara simultan tidak berpengaruh terhadap struktur modal pada PT. Pupuk Srisidjaja Palembang (Persero).

No comments:

Post a Comment