Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Oleh Neni Anggraini

Analisis kinerja keungan digunakan untuk menilai tingkat efisiensi dan produktivitas perusahaan di bidnag keuangan sehingga prestasi keungan yang dicapai perusahaan dapat diketahui.
Penelitian ini bertujuan untuk 
  1. Mengetahui kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia, Tbk selama lima tahun terakhir (2002-2006) 
  2. Mengetahui tingkat perubahan posisi keuangan PT. Unilever Indonesia, Tbk dilihat dari hasil analisis perbandingan common size dan trend selama lima tahun terakhir (2002-2006).
Rasio-rasio keuangan yang digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan terdiri dari rasio likuiditas (current ratio, quick ratio, cash ratio dan working capital to total assests ratio), rasio leberage (total debt to total assets ratio, total debt to equity ratio, dan long term debt to equity ratio), rasio profitabilitas (net profit margin, return on eguity dan return on investment) dan rasio aktivitas (total asset turnover ratio, reseivable turnover, inventoryu= turnover dan working capital turnover ratio). Selain itu, analisis common size dan analisis trend juga digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio likuiditas cenderung menurun pada PT. Unilever Indonesia, Tbk selama lima tahun terakhir (2002-2006). Sebaliknya, rasio leverage, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas cenderung meningkat pada PT. Unilever Indonesia. Tbk selama lima tahun terakhir (2002-2006).

Nomor Klasifikasi: 658.150 7             Ang     a          2007


No comments:

Post a Comment