Analisis Pengaruh Net Profit Margin dan Total Assets Turnover Terhadap Return On Investment Pada PT Metroda Electronics Tbk dan PT Astra Grahia Tbk Oleh Yendi Indra Alam

Nomor Klasifikasi:      332.607  Ala     a    2007

            Penelitian ini membahas tentang pengaruh net profit margin dan total assets turnover terhadap return on investment pada PT. Metodata Electronics Tbk.. dan PT. Astra Graphia Tbk. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar net profit margin dan total assets turnover mempengaruhi return on investment.
            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan analisis regresi. Metode analisis regresi digunakan untuk meregresi variable bebas terhadap variable tak bebas. Variabel bebas di tunjukan dengan net profit margin dan total assets turnover sedangkan variable tak bebasnya adlah return on investment.
            Dengan analisis rasio keuangan diketahui selama 2002 sampai 2006 PT. Metrodata Electronics Tbk. Mempunyai net profit margin yang rendah dengan rata-rata -0.12% dibandingkan dengan net profit margin PT. Astra Graphia Tbk dengan rata-rata 6,95%. Total assets turnover PT. Metodata Electronics tbk. Diketahui lebih tinggi dengan rata-rata 1.03 dan ROI PT. Metrodata Electronics Tbk diketahui lebih rendah dengan rata-rata-1,05% dibandingkan dengan ROI PT. Astra Graphia Tbk dengan rata-rata 7.18%. Dari analisis regresi, hasil menunjukan bahwa korelasi antara net profit margin dengan ROI sebesar 0.999, korelasi antara total assets turnover dengan ROI sebesar 0,007. sedangkan pada PT. Astra Graphia Tbk korelasi antara net profit margin dengan ROI sebesar 0.935 dan korelasi antara total assets turnover terhadap ROI sebesar 0.050 dari hasil penelitian pada kedua perusahaan dapat di simpulkan bahwa net profit margin mempunyai pengaruh terhadap return on investment dibandingkan variable bebas total assets turnover.

No comments:

Post a Comment