Analisis Pengaruh Nilai Tambah Ekonomis dan Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Sektor Perbankan di Bursa Efek Jakarta, Oleh : Heny Ifada



Nomor Klasifikasi : 332.632 07 ifa  a   2007

Nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas merupakan alat untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Nilai tambah ekonomis adalah ukuran laba residu yang mengurangi biaya modal dari pendapatan operasi yang dihasilkan dalam bisnis, sedangkan rasio profitabilitas adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mencapai profit. Nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas pada suatu perusahaan akan memperangaruhi harga saham perusahaan yang bersangkutan.
            Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh nilai tambah ekonomis, imbal hasil atas inbestasi, imbal hasil atas ekuitas, marjin laba bersih, dan pendapatan per saham secara parsial terhadap harga saham, (2) menganalisis pengaruh rasio profitabilitas secara simultan terhadap harga saham, dan (3) menganalisis pengaruh nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas secara simultan terhadap harga saham pada sector perbankan di Bursa Efek Jakara.
            Metode analisis data untuk menganalisis pengaruh nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas terhadap harga saham yaitu analisis statistic. Analisis statistic ini terdiri dari uji persamaan regresi, uji korelasi dan uji determinasi, uji hipotesis, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Pengolahan data untuk mengetahui pengaruh nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas terhadap harga saham dilakukan dengan menggunakan program computer SPSS (Statistical Package for Social Science).
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah ekonomis, imbal hasil atas investasi, imbal hasil atas ekuitas, marjin laba bersih, dan pendapatan persaham secara parsial berpengaruh terhadap harga saham, rasio profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap harga saham, dan nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap harga saham, dan nilai tambah ekonomis dan rasio profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.

No comments:

Post a Comment