Analisis Efektivitas Iklan Motor Yamaha di Televisi dalam Membangun Kesadaran Merek Konsumen di Kota Inderalaya, Oleh : Eliza Yusrika



Nomor Klasifikasi : 658.810 7  Yus   a  2007

Iklan adalah suatu bentuk proses komunikasi kepada konsumen yang bertujuan untuk memberikan informasi, mengadakan persuasive, serta mengingatkan konsumen terhadap suatu merek produk. Diharapkan dengan adanya iklan maka konsumen akan memberikan umpan balik (feed back). Umpan balik tersebut adalah konsumen akan sadat terhadap merek, dan akan membuat keputusan pembelian terhadap merek tersebut.
            Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah iklan motor Yamaha yang ditayangkan di telebisi efektif dalam membangun kesadaran merek konsumen. 2) untuk mengetahui dimanakah posisi kesadaran merek motor Yamaha dalam benak konsumen.
            Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistic. Analisis statistic ini terdiri dari uji persamaan regresi, uji korelasi, dan uji determinasi. Pengolahan data untuk mengetahui efektivitas iklan motor Yamaha ditelevisi dalam membangun kesadaran merek konsumen, dilakukan dengan menggunakan program SPSS 11.5 (Statistical Package For Social Science)
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan motor Yamaha yang ditayangkan ditelevisi cukup efektif dalam membangun Kesadaran merek konsumen. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa posisi kesadaran merek konsumen terhadap merek motor Yamaha menempati posisi brand recall atau sebagai alternative pemberlian konsumen.
            Untuk itu, penulis penyarankan agar perusahaan melakukan promosi komunikasi secara langsung (below the line) dengan melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen seperti melakukan event-event,, sampling, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment