Analisis Fundamental dan Hubungannya Terhadap Harga Saham pada PT Tambang Batubara Bukit Asam, Tbk dan PT Bumi Resources, Tbk Oleh Apriyeni Ningsih

Analisis fundamental merupakan suatu analisis yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan suatu perusahaan sehingga dapat diketahui sifat-sifat dasar dan karakteristik operasional dari perusahaan tersebut. Analisis fundamental memiliki hubungan atau keterkaitan dengan harga saham.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis fundamental dan (2) mengetahui hubungan factor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang go public di Bursa Efek Jakarta.
Analisis kuantitatif menggunakan analisis fundamental dan analisis statiistik deskriptif. Analisis fundamental menggunakan rasio-rasio keuangan yang terdiri Curren Ratio (CR), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Total Debt to Equity Ratio (DER), Earnings per Share (EPS), dan Price Earnings Ratio (PER).
Hasil penelitian tentang analisis fundamental menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) dan Earning per Share (EPS) cenderung meningkat selama periode 2002-2006 dan Return on Assets (ROA). Return on Equity (ROE), total Debt to Equity Ratio (DER), dan Price Earnings Ratio (PER) cenderung berfluktuasi selama periode 2002-2006.
Hasil penelitian tentang analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa CR, ROA, ROE, EPS dan PER memiliki hubungan yang positif dengan harga saham. SEbaliknya, DER memiliki hubungan yang negative terhadap harga saham.

Nomor Klasifikasi:      332.041 207    Nin      a          2007

No comments:

Post a Comment