Analisa Efektivitas Strategi Promosi Program Visit Musi 2008 terhadap Kesadaran Masyarakat Kota Palembang Oleh Rika Saputri

Nomor Klasifikasi    :    650.140 7    Sap    a    2007

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis strategi promosi yang diterapkan dalam program Visit Musi 2008 dalam membangun kesadaran masyarakat Kota Palembang akan program tersebut, (2) mengetahui keefektifan masing-masing strategi dalam membangun kesadaran masyarakat Kota Palembang akan progam Visit Musi 2008, dan (3) mengetahui strategi promosi yang paling dominant dalam program Visit Musi 2008 dalam membangun kesadaran masyarakat Kota Palembang akan program tersebut.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima program promosi yang telah dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sumatera Selatan, ternyata hanya terdapat satu diantaranya yang berpengaruh terhadap tingkat kesadaran masyarakat, yaitu program pemasaran langsung. Disamping itu, strategi promosi yang diterapkan kurang efektif dalam membuat masyarakat menyadari keberadaan program Visit Musi 2008. Hal ini dikarenakan program promosi yang dilakukan oleh pemerintah hanya mampu mempengaruhi kesadaran masyarakat sebesar 3,1%. Sehingga kesadaran masyarakat Kota Palembang sangat rendah terhadap program Visit Musi 2008. Program pemasaran langsung merupakan strategi promosi yang dominant berpengaruh terhadap tingkat kesadaran masyarakat.
    Oleh karena itu, hendaknya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sumatera Selatan melakukan perbaikan kinerja terhadap program periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, antara lain melakukan promosi yang aktif melalui promotional mix-nya untuk mengkomunikasikan program Visi Musi ke semua lapisan masyarakat.

Kata kunci:    Strategi Promosi dan Kesadaran Masyarakat

No comments:

Post a Comment