Analisis Nilai Perusahaan dengan Pendekatan Mva dan Eva terhadap Kinerja Keuangan PT Mandom Indonesia, Tbk Oleh Maya Monarika

Nomor Klasifikasi:    658.150 7    Mon    a    2007

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai perusahaan dengan menggunakan pendekatan MVA dan EVA serta proses Nilai Tambah Pasar dan Nilai Tambah Ekonomis pada perusahaan itu sendiri.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan dinilai dengan pendekatan MVA, mengalami peningkatan sebesar Rp 715.359 966. dari tahun 2002-2006 sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan telah mampu menciptakan kekayaan bagi para pemegang sahamnya, mengindikasikan bahwa pasar dapat mengharapkan manejemen perusahaan mampu menghasilkan nilai positif dimasa mendatang. Sedangan kinerja keuangan dinilai dengan pendekatan EVA ternyata perusahaan dapat memberikan nilai tambah walaupun pada tahun 2004 dan 2005 menghasilkan nilai negative yang disebabkeningkatan Capital Charges perusahaan.
    Berdasarkan penelitian tersebut, penulis menyarankan perusahaan perlu mengoptimalkan proporsi modal perusahaan agar mencapai struktur modal optimal sesuai harapan penyandang dana sehingga nilai-nilai negative tahun 2004-2005 dapat diatasi serta mempertimbangkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan struktur modal perusahaan dan pada gilirannya memperbesar nilai MVA dan EVA perusahaan.

Kata kunci: Kinerja Keuangan, Market Value Added (MVA), Economic Value Added (EVA)

No comments:

Post a Comment