Analisis Ekuittas Merek Pada Kartu Gsm Prabayar Merek AS Dari PT Telkomsel Tbk Di Kota Palembang Oleh Agus Suyitno

Nomor Klasifikasi:      658.810 7        Suy      a          2008

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui nilai ekuitas merek dari kartu SIM GSM prabayar merek As dari PT Telkomsel Tbk di kota Palembang dan 2) untuk mengetahui atribut yang dominant mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk membeli kartu As.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ekuitas merek dari kartu As sidah baik. Hal ini terlihat dari perhitungan Brand Awareness dan Brand Loyalty yang menunjukkan bahwa kartu As menempati posisi teratas di dalam benak konsumen, dan pengguna kartu As merupakan pelanggan yang loyak terhadap merek As. Pada analisis Brand Association ditemukan bahwa ada dua atribut yang membentuk Brand Image bagi kartu As. Kedua atribut tersebut adalah 1) jaringan luas dan 2) fasilitas produk lengkap dan mengikuti perkembangan teknologi.
Oleh karena itu untuk mempertahankan nilai ekuitas merek yang sudah bagus tersebut, penulis menyarankan telkomsel agar memfokuskan promosinya pada dua atribut yang membentuk brand image kartu As di masyarakat, serta memfokuskan desian produknya bagi anak muda karena sebagian besar pengguna kartu As adalah anak muda.

Kata kunci: Ekuitas Merek

No comments:

Post a Comment