Analisis Pengaruh Modal Kerja terhadap Laba Bersih pada PT Ungguk Indah Cahaya Tbk Oleh Sumantri

Nomor Klasifikasi    :    332.041 07    Sum    a    2007

    Modal kerja merupakan salah satu aspek yang penting bagi setiap perusahaan. Modal kerja digunakan untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari. Dana yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk modal kerja diharapkan dapat kembali dalam jangka waktu yang relative singkat sehingga dana tersebut dapat digunakan kembali untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan selanjutnya. Modal kerja ini memiliki keterkaitan dengan laba bersih yang didapat perusahaan.
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perkembangan modal kerja dan (2) mengetahui pengaruh modal kerja terhadap laba bersih pada PT. Unggul Indah Cahaya, Tbk selama periode 2003-2006.
    Metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis pengaruh modal kerja terhadap laba bersih yaitu analisis statistic. Analisis statistic ini terdiri dari uji normalitas, uji persamaan regresi, uji hipotesis, uji korelasi dan uji determinasi. Untuk pengolahan data, data diolah dengan menggunakan program computer yang berupa SPSS (Statistical Package for Social Science) 11.5 for windows.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja tidak signifikan terhadap laba rasio profitabilitas. Artinya, modal kerja tidak berpengaruh terhadap rasio profitabilitas pada PT. Unggul Indah Cahaya, Tbk.

Kata kunci: Modal kerja, laba bersih, rasio lancer, rasio kas, rasio cepat

No comments:

Post a Comment