Analisisi Manajemen Kas Pada PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero), Tbk Oleh Rina

Nomor Klasifikasi    :    658.150 7    Rin    a    2008

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui bagaimana sumber dan penggunaan kas perusahaan pada PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero), Tbk dan 2) untuk mengetahui bagaimana arus kas perusahaan pada PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero), Tbk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun 2002-2006 kas perusahaan selalu mengalami kenaikan secara signifikan, kenaikan ini terlihat dari laporan sumber-sumber dan penggunaan kas dan laporan arus kas, kenaikan ini disebabakan oleh kenaikan factor-faktor modal kerja lain selain kas. Kenaikan kas secara terus menerus dapat mengindikasikan perusahaan mempunyai kas yang berlebihan, jika perusahaan memiliki kas yang berlebihan dapat menyebabkan nilai perusahaan menjadi turun dan semestinya kas yang menganggur dapat digunakan untuk investasi yang lebih bermanfaat.
Untuk mengatasi hal ini perusahaan harus memperhatikan dengan cermat keseimbangan antara ketersedian kas yang terlalu banyak dan yang terlalu sedikit, karena akan berpengaruh terhadap aktivitas perusahaan.

Kata Kunci:    Sumber dan Penggunaan Kas, Arus Kas

No comments:

Post a Comment