Analisis Pengaruh Earning Per Share dan Dividend Payout Ratio Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Telekomunikasi Di BEJ Periode 2001-2005 Oleh Hera Septiana

Nilai dari perusahaan dapat tercemin oleh harga saham perusahaan. Fluktuasi dari harga saham pada perusahaan telekomunikasi yang telah terdaftar di BEJ dapat terlihat jelas dan dipengaruhi oleh banyak factor, diantaranya dipengaruhi oleh Earning APer Share (EPS) dan Dividend Payout Ratio (DPR) perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah EPS dan DPR berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan telekomunikasi di BEJ baik secara parsial maupun simultan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan satu variable terikat (perubahan harga saham) dan dua varaibel bebas (EPS) dan DPR), sedangkan uji F dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Earning Per Share dan Dividend Payout Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Jakarta baik secara parsial maupun simultan. Artinya, tidak ada jaminan perusahaan yang memiliki EPS dan DPR yang tinggi maka harga sahamnya akan naik karena ada banyak factor yang mempengaruhi perubahan harga saham missal factor inflasi, kondisi politik, kondisi ekonomi maupun tingkat suku bunga.
Investor hendaknya lebih bersifat rasional dalam memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan tidak hanya melihat EPS dan DPR perusahaan yang tinggi saja tetapi perhatikan juga factor lain karena investor dihadapkan pada risiko yang tinggi.

Nomor Klasfikasi: 332.607     Sep      a          2007

No comments:

Post a Comment