Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan PT Aqua Golden Missisipi Tbk Oleh Rahman Hakim

Nomor Klasifikasi        :    658.151 107    Hak    a    2007

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur modal terhadap kinerja keuangan, yang terdiri dari current ratio, ROI (return on investment), dan ROE (return on equity) secara parsial pada PT Aqua Golden Missisipi Tbk.
Metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis pengaru struktur modal trehadap kinerja keuangan yaitu analisis statistik. Analisis statistik ini terdiri dari uji persamaan regresi, uji autokorelasi, uji determinasi dan korelasi dan uji heteroskedastsitas. Pengolahan data untuk mengetahui seberapa besar pengaruh struktur modal secara parsial terhadap kinerja kuangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat current ratio PT Aqua Golden Mississippi Tbk baik, karena rasionya yang tinggi, dan rata-ratanya diatas 100%, tingkat ROI juga baik, walaupun diakhir tahun 2006 menurun, tingkat ROE juga baik walaupun ditahun 2006 menurun hingga dibawah 20%. Penelitian juga menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh terhadap current ratio dan mempunyai hubungan kuat dan searah, tetapi struktur modal tidak berpengaruh trhadap ROI, dan mempunyai huubngan yang sangat lemah. Struktur modal berpengauh signifikan terhadap ROE dan mempunyai hubungan yang kuat dan tidak searah.
Disarankan kepada perusahaan untuk terus meningkatkan current ratio, ROI dan ROE, sehingga perusahaan bisa meningkatkan kinerja keuangan.

Kata kunci: Struktur modal dan kinerja keuangan

No comments:

Post a Comment